Dahsyatnya Air Bah Terjang Pemukiman Warga Karanganyar Akibat Hujan Lebat

Dahsyatnya Air Bah Terjang Pemukiman Warga Karanganyar Akibat Hujan Lebat – Hujan deras di lereng Gunung Lawu membuat Desa Gumeng, Jenawi, Karanganyar diterjang air bah. Air berintensitas besar mengalir deras ke arah ke bawah yang ke desa atau pemukiman.

Dahsyatnya air bah sudah sempat direkam oleh masyarakat serta viral di sosial media. Terlihat air dari atas melaju deras melalui jalanan desa.

Peristiwa itu dibetulkan oleh Kepala BPBD Karanganyar Bambang Jatmiko. Menurut dia, momen berlangsung seputar jam 15.00 WIB.

“Hujannya lebat serta lumayan lama. Tetapi sebelum Magrib telah surut serta kembali seperti biasa,” kata Bambang waktu dihubungi.

Sebab hujan lebat, kata Bambang, selokan yang ada di desa itu tidak bisa menyimpan air dengan optimal. Air juga meluap sampai setinggi betis orang dewasa.

“Ini memang sebab hujannya deras. Baru sekali ini sampai kronis. Umumnya selokannya pun dapat menyimpan,” katanya.

Akibatnya karena momen itu, tanah longsor berlangsung di sejumlah titik. Sekurang-kurangnya dua rumah terdampak tanah longsor di Jenawi.

“Yang satu longsor berlangsung di muka rumah Indra Nursidin di RT 03 RW 03 Desa Gumeng. Satunya kembali menerpa rumah Suparno di desa yang sama,” tuturnya.

Atas peristiwa itu, BPBD Karanganyar ajak penduduk seputar lakukan kerja bakti besok. Kerja bakti dikerjakan untuk bersihkan tanah longsor dari rumah masyarakat.